| 09 November 2020
Sarinah Merintis Peluang Usaha Retail Global Bersama Dufry, AG Switzerland Dan Omega Grup Mexico

PT Sarinah (Persero) bersama Dufry perusahaan terkemuka di bidang travel retail dengan lebih dari 2400 gerai di 400 lokasi di 65 negara di dunia, serta grup industrialis Omega Mexico, perusahaan export, impor, distribusi dan retail property management, pada hari ini dengan difasilitasi dan bertempat di KBRI Mexico City menandatangani Nota Kesepahaman atau MOU Joint Venture dalam acara Business Forum Indonesia Latin America & Carribean (INA-LAC).



Dalam kesempatan lain, di Jakarta, Menteri Erick Thohir yang mendukung prakarsa ini menyampaikan, “Saya harap Sarinah juga dapat menitik-beratkan pada kurasi dan seleksi produk UMKM dan Nusantara yang premium, kualitas dunia serta yang sesuai dengan minat dan selera pasar kategori produk-produk duty-free dunia. Sarinah yang akan masuk ke liga pasar retail dan duty-free internasional juga perlu meningkatkan kapasitas baik kelembagaan maupun SDM melalui proses scouting dan pembelajaran manajemen retail dunia dari Dufry. Untuk tahap pertama saya targetkan setidaknya ada 10 produk unggulan Indonesia yang bisa dipasarkan melalui kerjasama ini dan nantinya diharapkan semakin terbuka lagi peluang produk lokal dan UMKM go global.”

Fetty Kwartati, Direktur Utama Sarinah menyampaikan bahwa prakarsa ini merupakan salah satu langkah strategis Sarinah bertransformasi dan berekspansi ke pasar global selaras dengan visi pemerintah melalui kementerian BUMN agar para BUMN tidak saja mengekspor produk dalam negeri tetapi juga bertransformasi. Dengan menggandeng mitra strategis seperti Dufry dan Omega grup maka gerbang pasar riil dunia khususnya di sektor ritel dan travel maupun leisure memberi peluang kepada produk UMKM masuk ke liga utama pemain dan pebisnis dunia.

MOU ini secara garis besar merumuskan beberapa peluang bisnis yang saling menguntungkan bagi perusahaan dan yang paling strategis adalah Sarinah sebagai satu-satunya BUMN retail dalam klaster pariwisata dan pendukung merintis pasar internasional dalam kerangka perdagangan multilateral. Bagaimanapun Sarinah harus selalu membawa kepentingan nasional dan nation brand di manca negara. Model kerjasama seperti ini diarahkan untuk mewujudkan identitas bangsa yang kaya keberagaman ini melalui showcase atau memamerkan secara permanen dipasar-pasar retail premium dunia.

Beberapa manfaat lain yang tertuang dalam Nota Kesepahamam ini adalah akan dibuat Indonesian Corner dan House of Indonesia di berbagai gerai dan pusat perbelanjaan yang merupakan jejaring Dufry & Omega di dunia.

Kembali ke Article lainnya